RPP dan Media powepoint Tematik kelas 3


Satuan Pendidikan     :    SD YOGYAKARTA
Kelas/ Semester          :    III/1                                           
Tema 1                        :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub tema                     :   1. Ciri-ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran              :    1
Alokasi Waktu            :    1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
Pertemuan                   :    ...................Juli 207

A.                     Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan Negara
3.      Memahami pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif, pada tingkat dasar dengan cara: mengamati, menanya dan mencoba. Berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam kelas yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahan perkembangannya
B.                 Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual dan atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual dan atau eksplorasi lingkungan.
3.4.2 Menunjukkan kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual dan atau eksplorasi lingkungan.

4.4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis
4.4.1 Menjelaskan anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
Matematika
3.3  Menyatakan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1  Menyebutkan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
3.3.2   Menunjukkan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
SBDP
3.2  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam  lagu
3.2.1  Menjelaskan bentuk dan variasi pola irama dalam  lagu.
3.2.2  Menuliskan bentuk dan variasi pola irama dalam  lagu.


C.                 Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual dan atau eksplorasi lingkungan.
2.      Siswa dapat menunjukkan kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup) makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual dan atau eksplorasi lingkungan.
3.      Siswa dapat menyebutkan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
4.      Siswa dapat menunjukkan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
5.      Siswa dapat menjelaskan bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
6.      Siswa dapat menuliskan bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.


D.                Materi pelajaran
1.      Bahasa Indonesia      : teks bacaan tentang makhluk hidup
2.         Matematika                        : garis bilangan
3.         SBDP                     : lagu tentang “Aku punya anjing kecil”.
E.                 Metode pembelajaran
1.      Pendekatan : Scaintific
2.      Model           : Cooperative Learning
3.      Metode        : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Unjuk Kerja
F.                  Kegiatan pebelajaran
Kegiatan
Waktu
            Kegiatan awal
10 menit
  1. Salam dan doa
  2. Menyiapkan kondisi anak (presensi)
  3. Motivasi siswa
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  5. Apersepsi :
a.       Siapa yang mempunyai hewan peliharaan di rumah?
b.      Hewan apa saja yang kamu pelihara?
c.       Ada berapa banyak hewan yang kamu pelihara?

Kegiatan inti
150 menit
  1. Siswa melihat gambar hewan dan menyebutkan nama hewan.
 

                                        


  1. Siswa membaca teks bacaan
Heli
Putri mempunyai anjing namanya Heli. Dia lucu sekali. Setiap hari Heli diberi makan dan minum. Heli pun sudah dibuatkan tempat tinggal di samping rumah Putri. Suatu hari putri dan anjingnya berjalan –jalan. Tiba-tiba mereka ditabrak mobil. Untungnya sopir mobil itu menolong Putri dan Heli. Dia mengantar Putri ke rumah sakit. Luka-luka Putri memang parah sekali. Saat di rumah sakit putri khawatir pada Heli, apakah heli selamat? Setelah seminggu di rumah sakit, luka Putri pun sembuh. Putri boleh pulang ke rumah. Setelah sampai di rumah, Putri mendengar suara anjing. Putri khawatir dan penasaran, mungkinkah ibu membeli anjing baru? Ternyata  itu adalah suara Heli. Putri pun bersyukur heli sudah sembuh.  Sekarang Putri dapat bertemu Heli. Dia dapat bermain lagi bersama Heli.
  1. Tanya jawab tentang kata – kata yang sulit yang ada dalam bacaan.
  2. Siswa menulis lagu “Aku Punya Anjing Kecil”.
Aku punya anjing kecil
Ku beri nama Heli
Dia suka menari – nari
Sambil berlari – lari

Heli guk … guk ..
Kemari guk … guk …
Ayo lari  - lari ( 2 x)
  1. Siswa dibagi dalam kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa.
  2. Siswa menyanyikan lagu “Aku Punya Anjing Kecil” dengan menggunakan bertepuk tangan secara berkelompok.
  3. Siswa menghitung banyaknya anjing yang ada dalam gambar.


 




  1. Siswa menuliskan urutan bilangan dalam garis bilangan sesuai banyak anjing:
 








Kegiatan akhir
15 menit
  1. Siswa menyimpulkan materi pelajaran
Ciri – ciri makhluk hidup antara lain (yang ada dalam bacaan “ Hely”):
a.       Membutuhkan makan dan minum
b.      Membutuhkan tempat tinggal
  1. Penguatan kepada siswa tentang materi pelajaran.
  2. Refleksi
  3. Umpan balik


G.                Media/alat, bahan dan sumber belajar
1.      “Kawanku”, kedaulatan rakyat, minggu kliwon, 28 januari 2007 dengan pengubahan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas III. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Jakarta.
3.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas III. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Jakarta.
4.      Gambar binatang

H.                Penilaian
1.      Penilaian sikap





2.      Rubik penilaian membaca
No
Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
1.



Lafal
Membaca dengan lafal yang jelas
Ada 1 – 2 kata yang kurang tepat pelafalannya
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat pelafalannya
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya
2.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan cerita dan konsisten
Intonasi sesuai dengan isi cerita namun kurang konsisten
Intonasi tidak sesuai dengan cerita

Tanpa intonasi
3.
Volume suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas

3.      Penilaian Pengetahuan: tes tertulis  
Skor setiap soal 20.
Benar semua 20 x 5 = 100


4.      Penilaian keterampilan membaca
No
Nama
Kriteria
Lafal
Intonasi
volume
1.
Aurora



2
Lukito




5.      Rubik kegiatan bernyanyi sambil bertepuk tangan







Penilaian kegiatan bernyanyi
No
Nama
Kriteria
Penguasaan lagu
Ekspresi
Bertepuk tangan
1.
Aurora



2
Lukito





Lembar Kerja Siswa
Kerjakan soal berikut!
1.     




2.       





3.       


4.       




5.       











Mengetahui,
Kepala Sekolah
Yogyakarta,   Juli 2017
Guru Kelas 3 

Komentar

Posting Komentar